MASUKNYA ISLAM DI BEBERAPA BELAHAN DUNIA

Islam di Amerika

Masuknya Islam di Amerika tidak diketahui secara pasti.  Ada yang menyatakan Islam masuk sebelum kedatangan Christoper Columbus yang menemukan benua Amerika pada tahun 1492 M. Pada pertengahan abad 15 sampai 19 diperkiran bahwa 1/5 budak-budak dari Afrika yang dibawa ke benua Amerika beragama Islam.

Islam di Eropa

Masuknya Islam di Eropa melalui penaklukan semenanjung Andalusia oleh Tariq bin Ziad pada tahun 711 M.  Penaklukan ini terjadi pada masa pemerintahan Khalifah Walid bin Abd Malik dari Bani Umayyah.  Pada masa pemerintahan Islam di Eropa muncul ilmuwan-ilmuwan seperti :

–      Imam Al-Auzai ahli ilmu fiqih

–      Ibnu Rusyd, Ibnu Bajah, dan Ibnu Thufail ahli ilmu filsafat

–      Ibnu Arabi ahli ilmu tasawuf

–      Ibnu Zarqali dan Ibnu Aflah ahli dalam bidang astronomi

Beberapa peninggalan bersejarah Islam adalah Masjid Al Hambra, Istana Ja’fariyah, Istana Maimun, Tembok Toledo, Masjid Sevilla dan Masid Kordoba.

Islam di Afrika

Masuknya Islam di Afrika semenjak Rasulullah saw masih hidup.  Pada tahun ke 5 dari kenabian Rasulullah saw memerintahkan kaum muslimin hijrah ke Habsyah (Ethiopia) untuk menghindari penyiksaan dari kaum kafir Quaisy. Pada masa Khalifah Umar bin Khattab (634-644 M atau 13-23 H) pasukan islam dipimpin Amr bin Ash dapat membebaskan Mesir dari penjajahan bangsa Romawi.  Kota Kairo di Mesir berkembang menjadi pusat kebudayaan dan ilmu pengetahuan di Afrika.  Universitas Al-Azhar di Kairo didirikan pada tahun 927 M oleh Jauhar Al-Khatib As-Siqqili.

Islam di Australia

Masuknya Islam di Australia diperkirakan pada tahun 1850-1870 yaitu pada masa kota Adelaide menjadi pangkalan bagi usaha perintisan dan penjelajahan kawasan tengah Australia. Pada tahun 1870 didirikan masjid kecil yang cukup indah dengan 4 menara pada masing-masing sudutnya. Yang membawa agama islam masuk ke Australia ialah orang-orang yang berasal dari Pakistan atau kemungkinan orang Afganistan.  Kehadiran muslim di Australia ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Australia dalam kaitannya dengan mengurus onta.  Pada waktu itu onta untuk mengangkut barang-barang dalam penjelajahannya di Australia bagian tengah.

Islam di Asia

Pakistan

Masuknya Islam di Pakistan pada masa pemerintahan Khalifah Walid bin Abd Malik (705-715) dari daulat Bani Umayyah.  Pada waktu itu daerah Sind diperintah oleh keluarga Brahma suatu kasta dari agama Hindu.  Rakyat yang diperintah oleh keluarga Brahma merasa mendapat tekanan berat dari segi sosial dan ekonomi.  Mereka mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah Islam di Damaskus.  Oleh Khalifah Walid bin Abdul Malik dikirimkanlah pasukan Islam di bawah panglima Muhammad bin Qasim dan dapat menjalankan pemerintahan di Sind dengan baik.

India

Menurut catatan sejarah India lama dikuasai oleh pemerintah Islam yaitu mulai 1290 oleh Dinasti Khilji hingga 1858 oleh Dinasi Mughal.  Sekolah, akademi dan universitas Islam sebagai peninggalan dari kerajaan-kerajaan Islam terdahulu masih tetap berjalan seperti biasa, seperti Darul Ulum dan Nadwal Ulama di Lucknow, Universitas Osmaniyah dan Akademi Dairatul Ma’arif di Heiderabad.

Afganistan

Masuknya Islam di Afganistan pada masa Khalifah Usman bin Affan (644-655).  Pada tahun 674 pasukan Islam mengadakan perluasan daerah ke Khurasan (Afganistan) dipimpin oleh panglima Sa’ad bin Al-Ash.  Pada tahun 1737 seorang penguasa di Afganistan Nadir Syakh dapat menaklukkan seluruh wilayah Afganistan.  Salah seorang putra Afganistan yang namanya terkenal di seluruh dunia adalah Jamaluddin Al-Afgani yang ahli dalam bidang teologi, hukum, tasawuf, falsafah Islam, sosiologi dan dikenal sebagai peletak dasar modernisasi Islam.  Bangunan kuno bernafaskan Islam banyak terdapat di kota Mizani Syarif seperti Masjid Kwaja Pasa yang dibangun pada masa Sultan Mahmud Al-Gazni (abad ke 10) dan Masjid Biru.

Rusia

Sejak masa Khalifah Usman bin Affan (644-656) kekuasaan Islam sebenarnya telah memasuki sebagian Asia Tengah.  Usaha perluasan daerah dilanjutkan terus oleh pemerintahan Khalifah Muawiyah bin Abu Sofyan (660-680) dari dinasti Bani Umayyah.  Pada masa Khalifah Walid bin Abdul malik (705-715) Islam sudah menguasai Asia Tengah dan sekitarnya meliputi Kazaktan, Uzbekistan, Kirgistan, Tadzikistan, Turkmenia, dan Armenia. 

Cina

Masuknya Islam di Tiongkok menurut catatan resmi dari Dinasti Tang (618-905) terjadi pada tahun ke 2 pemerintahan Kaisar Yong Hui, yaitu sekitar tahun 30 H atau 651 M dengan kedatangan delegasi yang pertama kali dikirim oleh Khalifah Usman bin Affan yang dipimpin oleh mantan panglima Sa’ad bin Abi Waqqas.  Sejak itu terjalin hubungan yang baik antara Cina dengan pemerintah Islam.

Selamat menjalankan ibadah puasa 1434 H / 2013 M.  Semoga amal ibadah kita bisa menjadi lebih baik dari hari yang telah lalu. Happy Ramadhan  :)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: